Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Laporan Hasil Verifikasi (LHV)

Saat ini dan beberapa waktu kebelakang dalam hal penjualan batubara dan mineral kata - kata atau kalimat mana LHV nya atau sudah disertakan LHV nya menjadi sering diucapkan dalam kelengkapan dokumen penpapalan. Sehingga orang - orang bertanya - tanya apa sih LHV itu atau Laporan Hasil Verifikasi? 

Nah pada artikel ini saya mencoba sedikit memberikan gambaran secara umum Apa itu Laporan Hasil Verifikasi atau sering disingkat atau diapnggil dengan singkatannya LHV.

Apa Itu Laporan Hasil Verifikasi (LHV)

Secara singkat LHV itu merupakan serangkaian hasil verifikasi yang dilakukan oleh bada usaha surveyor yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi wakil pemerintah dalam melaksanaan pengawasan penjualan batubara.

Apa saja Yang dilakukan?

Mungkin jadi pertanyaan apa saja yang dilakukan. Secara teknis yang dilakukan dalam verifikasi ini sebagai contoh mencakup hal - hal berikut ini:

Verifikasi dokumen penjual batubara

- Sumber tambangnya dari mana
- Perusahaan Pemilik batubaranya siapa
- Pembayaran royalty
- Rencana pemuatannya susdah sesui atau belum
- Sudah dituliskan disistem pemerintah belum
- dan lain - lain

Verifikasi Kuantitas dan Kualitas Batubara

Setelah dokumen sudah Clear, maka dilanjutkan dengan Verifikasi Quantitas dan Qualitas. Pada verifikasi ini bisa jadi ada perbedaan hasil dengan rencana pemuatan awal. Inilah yang perlu untuk dilaporkan. Karena akan mempengaruhi pembayaran royalty yang sudah dibayar 100 % sesuai rencana diawal. Bisa jadi kelebihan bayar karena jumlah rencana muat lebih banyak daripada hasil verifikasi waktu aktual pemuatan atau bisa jadi kurang bayar karena rencana muat lebih sedikit daripada hasil verifikasi waktu pemuatan. Hasil - hasil verifikasi inilah yang sangat penting bagi negerauntuk menghindari terjadi kesalahan pemenuhan kewajiban pengusaha.

Dan yang tidak kalah penting dokumen verifikasi ini akan menjadi salah satu syarat terbitnya surat izin berlayar dari syahbandar.  Jadi setiap batubara yang berlayar yang akan dijual semuanya bisa dipastikan sudah clear. 

Nah seperti itulah kenapa LHV atau Laporan Hasil Verifikasi selalu dipertanyakan dalam pemuatan batubara.

Mungkin ada pertanyaan mengapa LHV bisa menjadi salah satu indikator clearnya penjualan batubara atau mineral.

Jadi seperti ini jawabannya.

Yang Pertama

LHV sebetulnya dibuat menggunakan sistemnya pemerintah dimana sistem pembuatan LHV ini merupakan serangkaian sistem terusan dari sistem sebelumnya milik pemerintah.

Masih Bingung?

Jadi begini pemerintah membuat sistem yang sangat komplex yang bisa mengontrol mulai dari rencana siapa saja yang bisa menambang, berapa banyak yang volume yanag akan ditambang, izin mana saja yang sudah clear sampai berapa banyak yang sudah  benar - benar dimanfaatkan dalam industri dan oleh siapa. 

Nah sudah terbayang kan ya.

Maka dari itu mengapa sistem LHV ini bisa memberikan data. Karena sebelumya penambang atau pemilik babatubara sudah mengisikan berbagai macam rencana penjualan dan pemuatan pada suatu sistem milik pemerintah yang kemudian surveyor melakukan verifikasi sesuai kenyataanya dilapangan. Sehingga bisa mengeluarkan suatu laporan hasil laporan yang disebut Laporan Hasil Verifikasi.

Selanjutnya tentu saja hasil verifikasi yang dilakukan oleh surveyor akan dibaca oleh pemerintah terkait yang berhubungan dengan kurang lebihnya kewajiban penambang atau pemilik batubara kepada pemerintah.

Sementara secara singkap itulah yang dimaksud dengan Laporan Hasil Verifikasi (LHV)

Ingin mencari surveyor yang bisa melakukan verifikasi penjualan batubara silahkan klik kontak kami

Pesan Sekarang