Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EFEK KUALITAS BATUBARA TERHADAP OPERASIONAL POWER PLANT

Penggunaan Batubara sebagai sumber energi terus meningkat secara signifikan di seluruh dunia khususnya untuk penggunaan energy thermal. Hal ini seiring dengan terus menyusutnya cadangan minyak dan gas dunia yang juga menyebabkan tingginya harga bahan bakar minyak dan gas tersebut. 

Dengan demikian batubara merupakan sumber energy alternative yang sangat potensial selain migas karena memiliki cadangan yang masih sangat besar untuk memenuhi kebutuhan energy dunia yang terus meningkat. 

Namun demikian di sisi lain penggunaan batubara sebagai sumber energy langsung disinyalir tidak ramah lingkungan karena proses pembakaran batubara menghasilkan emisi gas-gas yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan  seperti gas CO2 yang merupakan Green House Gas yang menyebabkan pemanasan global atau efek rumah kaca, serta NOx, dan Sox yang dapat menyebabkan hujan asam. 

Selain itu penggunaan batubara sebagai energy thermal sering menyebabkan masalah dalam operasionalnya seperti di Power Plant. Oleh karena itu untuk mengurangi hal-hal negative yang disebabkan oleh utilisasi batubara diperlukan pemilihan batubara yang memiliki kualitas yang bisa menekan emisi negative serta mengurani resiko terjadinya masalah pada saat penggunaan batubara tersebut.   

Untuk mengetahui dan memahami bagaimana kualitas batubara berpengaruh pada penggunaannya diperlukan pengetahuan khusus mengenai kualitas batubara itu sendiri serta efeknnya terhadap operasional utilisasinya. 


Dalam kaitannya dengan hal di atas, maka kami menawarkan pelatihan bagi pengguna batubara/end user serta para pelaksana teknis di perusahaan-perusahaan pertambangan batubara seperti Geologist, Mine planning, Tambang, Coal Processing Plant (CPP), Quality Control/Quality Assurance, Shipping, marketing, dan bagian-bagian lain yang ingin lebih jauh memahami tentang karakteristik batubara serta efeknya terhadap utilisasinya.


Ingin mengiktui pelatihannya silahkan hubungi kontak di bawah ini

Ratna Juwita

PT. Geoservices

Jl. Minangkabau Barat No. 34

Jakarta Selatan

Ph. 021 - 830 5555. ext. 123

Fax. 021 - 831 1454

Email : training1@geoservices.co.id