Kenapa Batubara Perlu Dianalisa?

Disaat harga batubara masih terus - terusan jatuh sementara biaya produksi batubara tidak berkurang ditambah harus menyertakan sertifikasi batubara tersebut, membuat sebagian pengusaha batubara terpaksa libur sesaat sambil menunggu harga batubara pulih kembali seperti tahun 2011-2013 lalu. Disisi lain mungkin masih ada yang bertanya tentang analisa  batubara. Kenapa Batubara Perlu Dianalisa?
Padahal analisa batubara tersebut menjadikan biaya produksi bertambah.

Okeh, mari kita analisa apakah betul seperti itu? 

Kenapa Batubara Perlu di Analisa?

Anggapan bahwa analisa batubara menambah biaya produksi.

Dalam dunia penjualan batubara terdapat golongan - golongan tertentu atau spesifikasi batubara tertentu. Setiap spesifikasi memiliki harga yang berbeda - beda ada yang lebih mahal dan ada yang lebih murah.

Pertanyaannya adalah batubara yang kita memiliki spesifikasinya yang mana?

Okeh Misalkan kita sudah yakin memiliki merek tertentu dengan spesifikasi tertentu dan kita yakin tentang hal itu.

Pertanyaanya bagaimana cara membuktikannya kepada orang lain dalam hal ini calon pembeli?

Tidak lain dan tidak bukan jawabannya adalah perlu adanya analisa batubara.

Lalu apa benar menambah biaya produksi?

Tentu dalam hal ini benar sekali menambah biaya produksi, namun kita harus mempertimbangkan harga jual, jika batubara itu tidak memiliki sertifikasi analisa maka batubara akan digolongkan dalam golongan nospek atau harga batubara  terendah.

Mau seperti itu?

Tentu pasti tidak mau. 

Sudah susah menambang, biaya besar keluar, tidak mungkin rasanya dijual dengan harga yang murah. Bahkan bisa jadi biaya produksi tidak tertutupi.

Nah disni munculah solusi analisa batubara, dengan adanya analisa batubara maka harga batubara akan mengikuti qualitasnya dan sudah pasti sebagai produsen batubara tidak akan dirugikan, kerena harga acuan pemerintah sudah dihitung sedemikian rupa supaya mendapatkan keuntungan disemua pihak. Pembeli tidak rugi karena qualitas batubaranya terjamin dan penjual tidak rugi kerena harganya sudah sesuai.

Kesimpulannya

Jadi kesimpulannya adalah meskipun analisa batubara untuk sertifikasi penjualan batubara menambah biaya, namun hal tersebut bisa mendongkrak lebih tinggi harga batubara yang dijual.

Batubara Perlu Dianalisa Supaya Tidak Tertipu.

Mungkin dalam hal ini tidak hanya batubara yang memerlukan analisa husus supaya tidak tertipu, barang yang lainpun sangat perlu analisa supaya memenuhi kriteria tertentu yang dianjurkan. Pertanyaannya kenapa supaya tidak tertipu/ditipu?

Loh Kenapa Bisa Tertipu?

Dalam hal ini penjual ataupun pembeli batubara jika kita tidak jeli dan teliti bisa tertipu.

Bagaimana Tertipunya?

Seperti yang sudah dibahas diatas penjual atapun pembeli tidak bisa menetapkan qualitas batubara berdasarkan anggapan begitu saja. Bisa saja pembeli salah atapun penjual yang salah.

Misalkan penjual mengkalim batubara saya bagus sekali, apakah pembeli mau percaya begitu saja?

Atau misalkan meskipun kalim penjual batubara yang ia jual adalah batubara bagus dan pembeli dengan tegasnya mengatakan bahwa batubara yang dijual sangat jelek.

Apakah penjual dalam hal ini mau mengalah begitu saja?

Dalam hal ini bisa jadi penjual atapun pembeli memilki argumen tersendiri yang sangat kuat. Namun semua itu adalah perkiraan saja tidak pasti dan tidak ada bukti.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya adalah batubara itu perlu dianalisa dan dilakukan sertifikasi. Dengan adanya sertifikasi tersebut maka kedua belah pihak akan melihat kenyataan batubara yang akan diperjualbelikan. Sehingga baik pembeli atapun penjual tidak ada yang dirugikan.
Karena dengan adanya sertifikasi tersebut harga acuan bisa dihitung berdasarkan harga acuan dari pemerintah dalam hal ini yang sudah di tetapkan melalui kementrian ESDM.

Kesimpulannya

Batubara perlu dianalisa supaya tidak ada yang tertipu dan tidak ada yang dirugikan.


Nah Pertanyaan selanjutnya adalah ketika sudah tahu bahwa batubara itu perlu dianalisa, analisa apa saja yang diperlukan supaya bisa menggambarka kualitas batubara tersebut?

Ini pertanyaan yang harus diajukan karena sekali lagi jika analisa yang dilakukan tidak tepat ada kemungkinan analisa menjadi sia-sia dan pasti semua organisasi ataupun perorangan tidak mau suatu pekerjaan yang dilakukan tidak berguna begitu saja.

Lalu Bagaimana  menentukan analisa apa saja yang diperlukan?

Berikut penjelasannya.

Analisa Kualitas Batubara


Dalam dunia analisa batubara yang merupakakan bahan bakar tentu yang terpenting dari batubara untuk diketahui adalah nilai panasnya. Tentu tidak mungkin hal ini tidak menjadi acuan dalam melihat qualitas batubara.

Tapi Apakah itu saja?


Jawabannya adalah Tidak!

Banyak faktor yang harus diukur dalam menentukan qualitas batubara setidaknya ada dua hal yang perlu diketahui lebih awal.

1. Kita adalah Pembeli Batubara atau
2. Kita adalah Penjual Batubara

Kenapa perlu tahu pembeli atau penjual?

Jika Pembeli Batubara

Alasannya adalah, pembeli batubara adalah pengguna. Tentu spesifikasi batubara yang diinginkan akan disesuiakan dengan keperluannya.
Misalkan PLTU dengan SEMEN.
Spesifikasi batubara digunakan untuk PLTU dan SEMEN tentu akan berbeda dan memiliki kadar - kadar atau kandungan - kandungan tertentu yang harus ada atau tiada atau mungkin harus banyak.

Dengan demikian jika anda adalah pembeli batubara anda harus tahu terlebih dahulu untuk apa batubara anda beli.
Dari situlah anda bisa menentukan qualitas batubara seperti apa yang diperlukan.

Terus Untuk Penjual Bagaimana?

Nah untuk penjual tentu penjual batubara tidaklah satu, anda akan bersaing dengan para penjual lainnya. Anda harus tahu pasar anda itu yang mana yanag akan dibidik.
Kembali ke contoh di atas  target anda misalkan SEMEN dan PLTU. Tentu sebagai penjual harus menyiapkan batubara yang memiliki qualitas yang sesuai dengan yang mereka perlukan.
Dari situlah sebagai penjual menentukan analisa apa saja yang diperlukan.

Secara Umum Analisa Qualitas Batubara Yang Pasti didiperluakn adalah sebagai Berikut


A. Analisa Proximate

Analisa proximate adalah serangkaian analisa yang menggambarkan batubara itu terdiri dari Air Saat analisa, Abu, Volatille dan Fixed carbon atau carbon yang bisa jadi panas.

Dalam analisa ini gambarannya adalah sebagai berikut:

1. Analisa kadar air disini hanya sebagai penentu untuk menentukan nilai kadar tertentu pada basis kering.
2. Abu adalah pengotor suatu batubara, abu ini akan menyebabkan nilai panas batubara semakin kecil. Bahkan kadar abu ini biasanya akan menjadi batasan batubara itu diterima atapun tidak diterima oleh pembeli batubara.
Sehingga kadar abu penting utunk diketahui.
Sebagai pengguna batubara penting utnuk mengetahui jumlah abu dalam batubara yang dibeli karena setelah pembakaran selesai abu harus ditangani dengan benar. Semakin banyak abunya, penangan akan semakin memerlukan biaya.
3. Kadar Vollatile. 
Kadar ini perlu diketahui untuk menghitung seberapa banyak kadar carbon yang bisa menguap pada suatu pembakaran batubara. Sehingga penanganan batubara bisa direncanakan sebelumnya.
4. Fixed Carbon perlu dikatahui karena carbon inilah yang menjadi panas pada saat terjadi pembakaran batubara.

B. Analisa Total Sulfure

Keberadaan sulfure dalam batubara adalah sebagai pengotor, sehingga nilai sulfur ini tidak begitu diinginkan oleh pengguna batubara.
Untuk itulah kadar Sulfur dalam batubara sangat perlu untuk diketahui.

C. Nilai Panas Batubara

Sudah disebutkan diatas bahwa batubara ini adalah bahan bakar jadi sangat penting sekali mengetahui nilai panas yang terkadung didalamnya. 
Jangan sampai membeli batubara ternyata tidak memiliki nilai panas artinya batubara tersebut tidak bisa di bakar.

D. Analisa AFT

Analisa AFT atau Ash Fision Tempeterature atau analisa karakteristik lelehnya abu batubara. Analisa ini sangat penting diketahui karena akan mengukur bagaimana karakteristik abu batubara saat dipanaskan. Apakah pada akhir pembakaran abu akan meleleh secera sempurna atau tidak meleleh dan menjadi padatan.
Dengan mengetahui karakteristik abu batubara seperti itu maka penanganan abu batubara bisa ditanggulangi dengan mudah dan terencana.

E. Ash Analisa

Ash analisa ini sebagai pendukung analisa AFT dan akan sangat berguna dalam mengamati karakteristik abu sisa pembakaran. Nantinya bisa terlihat mineral apa saja yang terkandung dalam abu batubara dengan demikian penanganan akan limbah abu batubara bisa lebih terencana.
Bahakn ketika kita mengetahui kandungan abu dari batubara, maka bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

F. HGI

HGI atau nilai ketergerusan suatu batubara perlu untuk diketahui, karena batubara saat akan digunakan akan dihancurkan. Alat penghancur pembakarannnya pasti sudah disetting sedemikian rupa sehingga batubara dengan nilai ketergerusan tertentu akan membuat alat tersebut kurang maksimal bekerja.
Atau bisa jadi alat tersebut terlalu mengerus batubara tersebut. Sehingga nilai HGI pada batubara sangat perlu untuk diketahui.

G. Nilai Total Moisture

Kandungan Air secara total pada batubara sangatlah penting untuk diketahui, karena selain berpengarus pada berat artinya berat batubara yang di jual atau dibeli sangat dipengaruhi oleh air, selain itu airpun akan berpengaruh pada nilai panas yang ditimbulkan oleh batubara.
Sejatinya batubara tidak  mungkin terlepas dari air hanya saja kandungan air yang terlalu besar pada batubara akan menimbulkan beberapa masalah pada proses pembakaran dan proses pengantaran ke tungku pembakaran oleh konveyor.

Bisa saja kadar air yang terlalu tinggi bisa menyebabkan block atau sumbatan pada bagian tertentu dalam pengantaran batubara yang menggunakan konveyor.
Jadi nilai kadar Air total sangat penting untuk diketahui.

Nah setidaknya itulah analisa Kualitas Batubara Yang tidak pernah terlewatkan dalam dunia analisa batubara.

Nah sekarang pertanyaan selanjutnya adalah dimana bisa melakukan semua analisa tersebut?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting!

Kenapa demikian?

Ingat analisa batubara ini  selain berpungsi untuk mengetahui kandungannya karena fungsinya, juga berpungsi sebagai alat untuk meyakinkan baik pihak pembeli atapun pihak penjual.

Untuk itulah perlu tempat terpercaya untuk melakukannya, tempat yang betul - betul hasilnya bisa menjamin kebenarannya.

Dimana Itu?

Silahkan anda bisa berkonsultasi dengan PT Geoservices.

Silahkan cek pada halaman berikut ini ANALISA BATUBARA di PT GEOSERVICES



Subscribe to receive free email updates: