Cara Mudah Mengetahui Baik Buruknya Batubara

Batubara adalah endapan organik yang bisa dibakar, yang berusia jutaan tahun. 
Pada saat ini batubara banyak sekali digunakan oleh industri - industri besar seperti industri listrik oleh PLTU, Industri Semen, Industri Pupuk dan lain - lain.

Kesemuaan penggunaan batubara tersebut memiliki ciri - ciri tersendiri, sehingga tidak semua batubara bisa digunakan oleh setiap sistem mesin dalam industri tersebut.

Untuk itulah perlu diketahui baik dan buruknya batubara itu bukan hanya pada batubara itu sendiri tapi harus diperhatikan juga penggunaan batubara tersebut untuk apa.

Tidak bisa dikatakan batubara itu baik untuk PLTU baik juga untuk industri semen. Atau sebaliknya batubara yang baik untuk industri semen baik pula untuk industri PLTU, kenyataanya tidaklah demikian.

Untuk itulah mengetahui baik buruknya suatu batubara tidak cukup melihat pada batubara itu sendiri melainkan harus lebih spesifik pada pengunaan batubara tersebut untuk apa.

 Jadi cara mudah mengetahui baik buruknya suatu batubara itu adalah dengan melihat terlebih dahulu untuk apa batubara tersebut digunakan.

Selanjutnya setelah mengetahui untuk apa digunakan maka barulah melihat pada kandungan batubara tersebut.

Misalkan sudah diketahui bahwa batubara yang akan digunakan adalah untuk PLTU maka carilah batubara yang karakteristiknya sesuia dengan sistem mesin yang digunakan pada PLTU tersebut.

Setelah mengetahui karakteristik batubara untuk PLTU maka selanjutnyalah mencari batubara tersebut.

Tentu saat ini banyak sekali tambang batubara yang beroprasi, tinggal memilih saja namun supaya nilainya betul betul diketahui sesuai dengan karakteristik yang di inginkan, maka perlu adanya analisa batubara di Laboratorium.

Analisa laboratorium akam memberikan informasi - informasi penting seperti informasi nilai panas atau nilai kalorinya, kandung abu, kandungan sulfur, HGI dan lain - lain. Tergantung kita informasi apa yang diingingkan.

Nilai - nilai yang dihasilkan dari laboratorium tersebut haruslah cocok dengan karakteristik batubara yang diinginkan oleh sistem alat supaya sistem alat tersebut bekerja dengan maximal atau bahkan supaya sistem alat tersebut tidak mengalami kerusakan.

Dengan kata lain jika batubara yang akan digunakan terlalu banyak yang tidak sesuai dengan karakteristik yang diperuntukan untuk sistem alat yang akan menggunakan batubara tesebut, maka bisa jadi batubara tersebut adalah batubara yang tidak baik bagi sistem alat.

Demikianlah Cara Mudah Mengetahui Baik Buruknya Batubara yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu penggunaanya baru setelah itu lihat kandungannya dengan menggunakan bukti analisa.

Silahkan untuk lebih lengkapnya simak juga Mengapa Batubara Perlu di Analisa

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: